-->

Siapa Bapak Koperasi Indonesia?

Mohammad Hata, Bapak Ekonomi Indonesia

BizRev – Jika Jerman memiliki Friedrich Willhelm Raiffeisen sebagai pelopor sistem koperasi kredit dan bank koperasi, maka negara Indonesias punya tokoh koperasi ternama, yaitu Mohammad Hatta. Hatta Tak hanya dikenal sebagai bapak proklamator dan wakil Presiden pertama Soekarno. Namun juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Hatta yang lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi ini sering menulis berbagai karangan dan buku-buku di bidang ekonomi dan koperasi sambil membimbing gerakan koperasi untuk melaksanakan cita-cita bangsa Indonesias dengan penguatan dibidang ekonomi.

Dalam buku ‘Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun', Mohammad Hatta berpendapat bahwa jawaban dari ketimpangan ekonomi bangsa Indoensia adalah gotong-royong. Ini merupakan asas ekonomi yang semestinya dikembangkan agar setiap orang bisa bekerja secara wajar serta mampu memenuhi kebutuhannya.

Nilai ekonomi yang berlandaskan gotong-royong ini sangat berbeda dengan sistem kapitalisme. Ekonomi gotong-royong adalah sistem yang tidak menumpuk kekayaan kepada perseorangan. Nilai-nilai inilah yang mengejewantah dalam bentuk koperasi, yaitu sebuah sistem ekonomi gotong-royong yang dapat memandirikan rakyat Indonesia dalam jangka panjang.  

Mohammad Hatta juga berpendapat untuk jangka pendek bangsa Indonesias tetap membutuhkan politik ekonomi yang realistis dan praktis, sekalipun berbeda dengan prinsip koperasi. Karena itu bukanlah tabu apabila rakyat bekerja sama dengan pemodal-pemodal perseorangan, baik dalam negeri maupun luar negeri.Tetapi tujuannya bukanlah untuk bergantung kepada kaum kapitalisme.

Salah satu pidato Hatta dalam rangka menyambut ulang tahun koperasi dibacakannya pada 12 Juli 1951. Dia menyerukan semangat gotong-royong untuk kemandirian sebagai asas ekonomi bangsa Indoensia.   

Nah, karena perannya yang cukup besar dalam dunia koperasi, saat Kongres Koperasi Indonesia di Bandun, 17 Juli 1953 silam, pria lulusan Handels Hoge School Rotterdam ini diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Jika anda ingin membaca beberapa pemikirannya tentang koperasi, bisa bukunya yang bertajuk Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun (1971).

LihatTutupKomentar