-->

Pontianak Duduki Rangking Teratas Kota Teroptimis

Sumber: GoodNews From Indonesia
GoodNews From Indonesia membuat survei indeks optimisme generasi muda perkotaan di 12 kota besar di Indonesia.

Dilansir dari sumber presentasi GoodNews From Indonesia, tercantum urutan pertama diduduki oleh Kota Pontianak dengan skor mencapai 75,6%, disusul oleh Ambon 69,4%, Jayapura 65,2%.

Ibukota Provinsi Kalimantan Barat itu, bahkan mampu mengalahkan kota-kota besar lainnya di Jawa seperti DKI Jakarta yang menempati urutan berikutnya dengan skor 64,9%, Bandung 62,2%, Surabaya 62%.

Kota selanjutnya menyusul di bawah Surabaya adalah, Palembang dengan skor 61,5%, Medan 61,2%, Yogyakarta 58,1%, Denpasar 57,3%, Makassar 55,6% dan terakhir adalah Lombok sebesar 55,5%.

Metodologi yang digunakan adalah menggunakan sample sebanyak 1.200 orang, berusia 18-30 tahun terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan rentan pelaksanaan survei dan focus group discussion (FGD) pada Februari-Maret 2018.

Lokasi yang dipilih adalah kota wilayah urban berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).  

Ada 27 sektor yang menjadi perhatian anak muda atau responden sebagai topik survei dan muncul saat FGD berlangsung yakni, agama, bahasa, bisnis, ekonomi, energi atau sumber daya alam, hubungan internasional, hiburan, hukum, kebudayaan.

Topik berikutnya, keamanan masyarakat, kesehatan, kehidupan sosial, kesetaraan gender, komunikasi dan media, kreativitas atau inovasi, lingkungan, maritim, militer, olahraga, pariwisata, pembangunan desa, pemerintahan dan birokrasi, pendidikan, pertanian, politik, sains dan teknologi dan transportasi.

Sumber: GoodNews From Indonesia
GoodNews From Indonesia adalah media sekaligus komunitas yang konsisten untuk menumbuhkan rasa optimisme masyarakat Indonesia terhadap bangsanya.
LihatTutupKomentar